Dunia  

Profesor Pemenang Nobel Ini Bakal Jadi Narsum Dialog Publik Soal Energi Terbarukan & Bahan Baru

Pingin.id,- HANOI, VIETNAM, VinFuture Foundation akan mengadakan seri kedua Dialog Sains Online yang membahas “Energi terbarukan dan materi baru untuk masa depan” pada 12 November 2021. Dialog tersebut akan dihadiri oleh para ilmuwan kelas dunia, terutama Profesor Konstantin (Kostya) Sergeevich Novoselov , peraih Nobel Fisika.Acara ini bertujuan untuk mendekatkan sains dan teknologi kepada masyarakat umum dengan solusi-solusi yang memiliki aplikabilitas tinggi di dunia nyata.

Dialog VinFuture berjudul “Energi terbarukan dan material baru untuk masa depan” dan berpusat pada pengetahuan dasar dan penerapan energi dan material baru dalam respons umat manusia terhadap krisis energi global. Sebagai bagian dari program, para ilmuwan muda juga akan memiliki kesempatan untuk berbicara dengan para ilmuwan terkemuka dunia, dan untuk mendiskusikan peluang dan tantangan yang mereka hadapi di perusahaan rintisan mereka, sehingga membawa proyek penelitian ke dalam produksi industri dan dunia.

Yang paling menonjol, yang memimpin diskusi tentang “Materi masa depan” adalah penerima Hadiah Nobel Fisika – Profesor Konstantin (Kostya) Sergeevich Novoselov. Sebagai ilmuwan termuda yang dianugerahi Hadiah Nobel Fisika sejak 1973, Prof. Novoselov memiliki pengaruh global dalam fisika benda terkondensasi dan nanoteknologi. Prestasinya dengan graphene – bahan ultra-tipis terkuat dalam pengetahuan manusia – menjanjikan untuk sangat mengubah bidang Sains dan Teknologi, Industri, dan Kedokteran. Prof. Novoselov saat ini adalah Anggota Royal Society, anggota Akademi Sains Nasional AS, serta Profesor Seabad Tan Chin Tuan dari Universitas Nasional Singapura dan Direktur Institut Bahan Cerdas Fungsional. Sejak 2014, Prof. Kostya Novoselov selalu tampil sebagai salah satu ilmuwan yang paling banyak dikutip secara global dan sebagai bagian dari 0,01% teratas dunia di bidang Sains dan Nanoteknologi (PLOS, 2021).

Profesor Nguyen Thuc Quyen, Direktur Polimer dan Padatan Organik, Profesor di Departemen Kimia & Biokimia di Universitas California, Santa Barbara (UCSB), akan berbicara di Dialog tentang topik energi matahari. Dengan lebih dari 418 proyek penelitian dan 24 paten pada energi terbarukan, perangkat elektronik – organik, sel surya dan fotovoltaik, dll., Prof. Thuc Quyen adalah salah satu pemikir ilmiah paling berpengaruh di dunia dan 1% Peneliti yang Sangat Dikutip dalam Ilmu Material menurut kepada Thomson Reuters dan Clarivate Analytics selama 5 tahun berturut-turut, dari 2015 hingga 2019.

Dr. Corey Hoven, Pendiri dan CTO Next Energy Technologies, akan menjembatani kesenjangan antara penelitian ilmiah dan aplikasi praktis. Perusahaannya telah berhasil mengkomersialisasikan smart windows yang dapat menghasilkan listrik untuk gedung-gedung bertingkat menggunakan energi matahari.

Seri Dialog Sains VinFuture bertujuan untuk menyediakan ruang dialog terbuka dengan publik, menyebarkan nilai-nilai “sains untuk kepentingan kemanusiaan” dan berkontribusi pada 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB. Dialog memberikan perhatian khusus kepada mahasiswa sarjana, pascasarjana, ilmuwan, dan pengusaha teknologi muda di Vietnam dan di seluruh dunia. Mereka akan memiliki kesempatan untuk berbagi perspektif baru, mendiskusikan ide-ide terobosan, dan mengangkat keprihatinan mereka tentang topik penelitian atau proyek start-up dan inovasi untuk dibahas dan ditanggapi oleh pembicara tamu.

Dr. Le Mai Lan, Wakil Ketua Vingroup dan Perwakilan VinFuture Foundation, berbagi: “Melalui rangkaian dialog publik, kami berharap para ilmuwan dan peneliti terkemuka di seluruh dunia dapat berbagi kontribusi besar mereka kepada publik dalam bahasa yang mudah dipahami. , mengubah sains menjadi bagian yang akrab dan tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Pada saat yang sama, kami ingin menginspirasi kaum muda untuk mengambil tanggung jawab untuk menekan isu-isu global, sehingga mendorong mereka untuk melakukan penelitian ilmiah untuk menemukan solusi.”

Sebelumnya, pada September 2021, dialog pertama bertajuk “How Science is Changing Global Health?” berhasil diselenggarakan oleh VinFuture Foundation dengan partisipasi ilmuwan terkemuka dunia di bidang manajemen kesehatan, seperti Prof. Ezekiel Emanuel (Vice Provost for Global Initiatives di University of Pennsylvania, USA), Profesor Alta Schutte (Principal Theme Lead of Kedokteran Jantung, Pembuluh Darah dan Metabolik di Fakultas Kedokteran dan Kesehatan di University of New South Wales, Sydney, Australia).[***]

 

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *