Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Menparekraf Soft Launching Aplikasi Cantik Indonesia

Pingintau.id – Upaya meningkatkan kunjungan wisatawan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno menggelar Soft Launching Aplikasi Beautiful Indonesia, buatan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) (“PT INTI (Persero)”).

Platform media sosial yang dirilis pada Senin, 16 Januari 2023 itu dibangun sepenuhnya menggunakan Horizontal Platforms, kolaborasi PT INTI (Persero) bersama putra-putri terbaik Indonesia, mulai dari rancang bangun, arsitektur, pembuatan komponen, hingga Vertical Application.

“Kita berharap adanya peningkatan dari wisatawan termasuk juga dari wisatawan spontan. Dan kita berharap, dengan soft launching ini akan mendongkrak angka unduhan pada Google Play Store dan Apple Apps Store terhadap Aplikasi Beautiful Indonesia, yang merupakan produk karya anak bangsa serta dapat melengkapi ekosistem sosial media,” ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno, pada Soft Launching Aplikasi Beautiful Indonesia, di rangkaian kegiatan The Weekly Brief with Sandi Uno, di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Senin (16/01).

Kegiatan tersebut mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ditunjukkan melalui kehadiran Deputi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif M Neil El Himam, Deputi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Pemasaran Ni Made Ayu Marthini, serta sejumlah pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, baik secara daring maupun luring.

Sandiaga Salahuddin Uno berharap, aplikasi Beautiful Indonesia ini dapat mendukung produk buatan anak negeri dan menaikkelaskan UMKM yang mendorong kemajuan serta perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Selanjutnya, Direktur Utama PT INTI (Persero) Edi Witjara ikut menjelaskan, bahwa Beautiful Indonesia ini merupakan hasil kolaborasi pengembangan antara PT INTI (Persero) dengan perusahaan skala nasional dan internasional. “Beautiful Indonesia ini merupakan salah satu turunan dari INTI Apps, sebuah platform media sosial karya anak bangsa, yang harapannya dapat menggantikan media sosial populer yang saat ini ada di Indonesia,” ungkap Direktur Utama PT INTI (Persero) Edi Witjara, pada momen yang sama.

INTI Apps merupakan sebuah platform media sosial komprehensif yang diimplementasikan, salah satunya melalui aplikasi Beautiful Indonesia, melalui kolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Produk buatan dalam negeri ini dibuat untuk mendukung program Bangga Berwisata di Indonesia, dengan tujuan memperkaya khasanah pariwisata, yang kunjungannya ditargetkan tumbuh dua kali lipat pada tahun 2023. Target peningkatan kunjungan tersebut, antara lain terbagi menjadi kunjungan wisatawan mancanegara yang diharapkan sebesar 7,4 juta dan wisatawan nusantara mencapai 1,2-1,4 miliar.

Platform yang bertujuan untuk mendukung pencapaian target tersebut, lanjut Edi Witjara, dibangun melalui pendekatan berbagai fitur yang sudah terbiasa digunakan pada Instagram, Youtube, WhatsApp, dan Commerce dengan kandungan konten berupa obyek pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, agar memberikan kemudahan dan kenyamanan yang serupa. “Platform Beautiful Indonesia ini nantinya kita targetkan menjadi wadah bagi ekosistem pariwisata di Indonesia,” ujar Edi Witjara.

Aplikasi Beautiful Indonesia yang nantinya dapat diunduh di Google Play Store ini juga merupakan platform media sosial yang secara natural bersifat User Generated Content (UGC) sehingga para penggunanya akan dapat mengisi kontennya secara mandiri. Adapun platform ini memiliki fungsi sebagai berikut :

Unified communication and collaboration
Unified content platform
Communication platform as a service
Nantinya, para pengguna Beautiful Indonesia akan mendapatkan berbagai kemudahan informasi mengenai obyek wisata, memberikan review dan komentar, berbagi pengalaman dan diskusi, berbagi foto dan video, hingga melakukan streaming. Aplikasi inipun memungkinkan para penyedia layanan dan produk kepariwisataan, untuk menjadikan Beautiful Indonesia sebagai media promosi, media transaksi, dan media interaksi secara online.(***)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *