Shopee berbagi inisiatif dan sumber daya untuk mendukung bisnis lokal di Seller Summit 2022

Pingintau.id KUALA LUMPUR, MALAYSIA – Shopee berupaya membantu penjual lokal menarik lebih banyak pelanggan baru dan kembali di platform dengan alat pemasaran penjual yang baru dan lebih kolaboratif.

 

Direktur Shopee Malaysia Kavan Sito menekankan bahwa platform ini tetap berkomitmen untuk membantu lebih banyak orang dan bisnis mengakses manfaat ekonomi digital melalui teknologi.

Menurut Kavan Sito, Direktur Shopee Malaysia, mulai Q3 tahun ini, semua penjual dapat memperluas jangkauan mereka melalui lebih dari 13.000 mitra afiliasi Shopee untuk mendapatkan audiens yang lebih luas dan meningkatkan penjualan melalui Affiliate Marketing Solution (AMS) Shopee.

Mitra afiliasi termasuk influencer media sosial, platform kupon dan cashback, platform perbandingan harga, dan penerbit konten.

Penjual terpilih yang berpartisipasi dalam AMS antara Oktober dan Desember tahun lalu memperoleh laba hingga 16 kali lipat dari investasi iklan mereka.

Berbicara di Shopee Seller Summit pada 16 Juni, Sito mengatakan bahwa ulasan sangat penting untuk membantu menciptakan kepercayaan dan daya tarik untuk suatu produk secara online. Dengan demikian, Shopee juga akan memungkinkan penjual untuk memberi penghargaan kepada pengguna karena meninggalkan ulasan produk yang bermanfaat.

Selain itu, platform ini juga akan meningkatkan fitur vouchernya yang memungkinkan penjual memberi insentif kepada pembeli baru serta memberi penghargaan kepada pembeli tetap atas kesetiaan mereka.

“Ini adalah di antara banyak fitur pemasaran penjual inovatif yang akan diluncurkan Shopee dalam beberapa bulan mendatang untuk membantu penjual mendorong pertumbuhan bisnis jangka panjang,” kata Sito.

Shopee Seller Summit bertema “Level Up: Driving Growth Together” diadakan di Sunway Resort, Petaling Jaya, menarik 500 peserta fisik dan hampir 2000 peserta virtual.

Sito mengatakan, “Shopee tetap berkomitmen untuk meningkatkan keterampilan dan memberdayakan bisnis lokal. Selain modul pelatihan gratis yang diberikan melalui Universitas Shopee, Shopee senang menjadi mitra terpercaya dari lembaga pemerintah untuk mendukung komunitas lokal dan mendorong inisiatif pelatihan yang membantu meningkatkan keterampilan bisnis lokal. Ini termasuk mendukung penjual dari semua jenis, bahkan sekitar 5.000 pengusaha mahasiswa memulai perjalanan penjualan online mereka melalui inisiatif Siswa Mall bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan Tinggi.”

Shopee Seller Summit juga merupakan bagian dari inisiatif #ShopeeSapotLokal yang bertujuan untuk mendorong inklusivitas dan menciptakan lebih banyak peluang bagi komunitas lokal.

Pengguna setia program Shopee seperti Facebook Collaborative Ads (CPAS) dan Program Afiliasi Penjual, Kelvin Yam, 46 tahun, yang menjalankan toko alat tulis – CX Trading di platform mengatakan bahwa program tersebut tidak hanya mendorongnya untuk memasarkan produk Shopee-nya di Facebook tetapi juga membantu meningkatkan penjualan bulanan rata-rata lebih dari dua kali lipat.

“Program-program ini sangat membantu saya untuk meningkatkan skala bisnis Shopee saya karena saya melihat peningkatan penjualan hampir 5X. Sekarang saya menghasilkan penjualan bulanan rata-rata sekitar RM50.000,” kata Yam.

Penjual lain, Ammar Izzuddin, 33, percaya bahwa selain belajar, seseorang juga perlu berjejaring dan belajar dari penjual lain untuk mendapatkan pengalaman lebih lanjut dalam menjual.

Ammar yang menjual produk bayi di Shopee mengatakan, “Melalui peluang networking di Shopee Seller Summit, saya mendapatkan wawasan tentang bagaimana penjual lain menyusun strategi dan memperkirakan peluang bisnis, serta mengelola sumber daya mereka. Ini semua sangat berwawasan untuk membantu kami memahami bagaimana kita bisa melakukan lebih baik dan skala dalam jangka panjang.”

Ammar telah menjadi peserta setia Shopee Seller Summit selama empat tahun berturut-turut.

Penjual yang ingin membagikan keterampilan dan pengetahuan mereka dapat menantikan aplikasi program ShopeeXperts pada awal Agustus tahun ini. Melalui program ini, penjual berkinerja terbaik terpilih akan diberikan pelatihan 1 bulan yang berwawasan luas dalam keterampilan pemasaran, operasi, penjualan, dan presentasi. Ini adalah kesempatan untuk membangun kredibilitas sebagai pelatih yang memenuhi syarat dan dapat membantu penjual lain untuk mendorong pertumbuhan bisnis mereka.

Tentang Shopee

Shopee adalah platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara & Taiwan. Shopee mempromosikan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan dengan memungkinkan bisnis mendigitalkan dan menumbuhkan kehadiran online mereka, membantu lebih banyak orang mengakses dan memanfaatkan layanan digital, dan mengangkat komunitas lokal.

Shopee menawarkan pengalaman yang mudah, aman, dan menarik yang dinikmati oleh jutaan orang setiap hari. Shopee juga merupakan kontributor utama ekonomi digital di kawasan ini dengan komitmen kuat untuk membantu merek dan pengusaha lokal sukses dalam e-commerce.

Shopee adalah bagian dari Sea Limited (NYSE: SE), perusahaan internet konsumen global terkemuka. Misi Sea adalah meningkatkan kehidupan konsumen dan bisnis kecil dengan teknologi melalui tiga bisnis intinya: Shopee, Garena, dan SeaMoney.[****]

 

#Shopee