Sambut Libur Nataru, BI Siapkan Uang Rp117,7 Triliun

Pingintau.id – Dalam menyambut Natal dan Tahun Baru Bank Indonesia (BI) menyiapkan Rp117,7 triliun untuk mengantisipasi kebutuhan akan uang tunai dalam liburan tersebut.

“Untuk libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini BI menyediakan uang tunai Rp117,7 triliun atau tumbuh 5,8 persen dibandingkan realisasi tahun sebelumnya,” kata Deputi Gubernur BI Aida S Budiman dalam keterangan tertulis yang diterima pada Senin (26/12/2022).

Aida menjelaskan, jumlah tersebut telah mempertimbangkan mobilitas masyarakat yang semakin meningkat, kemudian perkiraan belanja pemerintah dan bansos tunai serta rata-rata kenaikan outflow yang mencapai 4,8 persen.

Dijelaskannya, pada minggu kedua Desember 2022 terjadi penarikan uang oleh perbankan Rp54,77 triliun atau 47 persen dari uang yang disediakan. Selanjutnya kesiapan akses bagi masyarakat BI memberikan layanan kas ke perbankan di seluruh kantor perwakilan BI dan ada juga kas keliling ritel 55 kali sebanyak 47 titik layanan.

Selain itu BI juga secara khusus melakukan monitoring pelaksana di daerah yang merayakan nataru dan kantong-kantong seperti destinasi wisata. “Kami juga berkoordinasi dan memastikan agar ketersediaan uang di mesin ATM tetap terjaga,” kata Aida.(***)

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *