Ragam  

Tari Tradisional Tortor dari Batak Pukau Siswa Singapore-Cambodia International Academy

Pingintau.id, Phnom Penh, Kamboja – Workshop Tari Tortor telah diselenggarakan di Auditorium SCIA (Singapore-Cambodia International Academy) (06/11/2021).

SCIA adalah sekolah asing yang didirikan oleh Singapore di Phnom Penh, Kamboja. Jenjang pengajaran pendidikan di Sekolah SCIA adalah tingkatan taman kanak-kanak, sekolah dasar, menengah dan atas.

Memenuhi permintaan SCIA mengisi acara workshop, guru tari Tortor Ms. Jery Periance Saragih dari Pusat Budaya Indonesia Nusantara KBRI Phnom Penh (PUSBUDI) telah mendemonstrasikan tahapan tari Tortor dalam acara workshop dengan sempurna, kemudian menampilkannya dengan penuh arti dan nilai seni budaya yang tinggi, diiringi alunan musik khas Batak Sumatera Utara yang memukau.

Tari Tortor merupakan salah satu jenis tarian tradisional yang sudah membudaya dan dikenal luas di masyarakat Sumatera Utara. Tarian ini telah mendapatkan tempat dan kedudukan dalam kehidupan masyarakat adat, dan dalam setiap penyelenggaraan acara adat, selalu ditampilkan dan menjadi bagian penting dalam masyarakat adat Batak yang memiliki nilai budaya dan nilai spiritual. Melalui tarian ini pula masyarakat adat dapat menyampaikan harapannya, doa, dan semua aktivitas kehidupannya.

Sebelum acara ditutup, acara dilanjutkan penyerahan seritifikat penghargaan kepada KBRI Phnom Penh dan guru tari Ms. Jery Periance Saragih, yang diserahkan oleh Ms. Suzanna Sa’at, Head of Admission and Community Engagement SCIA, dan disaksikan oleh Deputy Director General Cultural Affairs, Ministry of Culture and Fine Arts Cambodia, Cambodian Dance Sport Federation dan para hadirin yang hadir.[***]

 

Naskah & Foto : Kemlu RI/ KBRI Phnom Penh

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *