Ragam  

Pemerintahnya Dorong Warga Untuk Ciptakan Produk Inovasi, “Sim Sala Bim” Berbagai Barang Bekas Pakai Ini Disulap Jadi Produk Berharga Hasilkan Uang

Pingintau.id-  Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika, Papua, memberdayakan masyarakat sekitar dengan melakukan pelatihan untuk membuat sebuah produk kreatif, salah satunya dari bahan bekas pakai.

Pelaksana Bidang Industri Disperindag, Mimika, Salma, Sabtu (2/11/2021) mengatakan untuk membuat suatu produk, masyarakat memanfaatkan tempurung kelapa menjadi tempat menyimpan tisu, bingkai foto, dan patung, pajangan, dan sebagainya.

“Selain itu, masyarakat memanfaatkan limbah kayu untuk dijadikan aksesori sebagai penghias di tas anyaman. Kami ambil ampas kayu dan kita bawa lagi ke (mesin) somel untuk membentuk lingkaran lalu dikaitkan di tas,” kata Salma seperti dilansir dari InfoPublik.

Lanjutnya, ketika ada pelatihan dari Kementerian Perindustrian, masyarakat Mimika diajarkan untuk memadukan antara tradisional dan modern. Namun untuk saat ini, Disperindag akan fokus melakukan pengadaan mesin cetak kain.

Sehingga, kata Salma diharapkan setelah itu bisa melanjutkan kembali memberikan pelatihan kepada masyarakat setempat, seperti mengajarkan masyarakat disain. Juga bisa menjadi tambahan untuk pemasukan kas daerah apabila produk sudah dikenal.

Salma mengatakan untuk rencana ke depannya, Disperindag juga akan mempromosikan kerupuk ikan kakap. Namun pihaknya masih mengurus Izin Produk Industri Rumah Tangga (I-PIRT).

“Belum bisa keluar jika belum ada sertifikat keamanan pangan. Untuk mendapatkan I-PIRT harus ikut pelatihan sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) dan makanan akan dites. Jika mencapai 60 akan lolos, setelah itu Dinas Kesehatan akan mengeluarkan nomor,” kata Salma.

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua menjadi berkah tersendiri bagi para pelaku kreatif ini, apalagi Kabupaten Mimika merupakan salah satu klaster penyelenggaraan PON Papua yang berlangsung sejak 23 September 2021 hingga 15 Oktober 2021.

Meski pembukaan PON Papua baru dilaksanakan pada 2 Oktober 2021, namun sejak 23 September 2021 sejumlah cabang olahraga (cabor) sudah menggelar pertaandingan.[***]

 

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *