Bisnis  

DHL Express duduki puncak daftar Great Place to Work Asia® pada tahun 2023

Penghargaan ini merupakan yang kelima kalinya berturut-turut, menunjukkan budaya masyarakat yang kuat
23 pasar DHL Express di Asia Pasifik mendapatkan Great Place to Work Certified™ tahun ini

Pingintau.id, SINGAPURA -DHL Express, penyedia layanan ekspres internasional terkemuka di dunia, sekali lagi mendapatkan posisi teratas dalam daftar Tempat Kerja Terbaik di Asia™. Hal ini menggarisbawahi komitmen DHL Express untuk membangun lingkungan kerja yang positif, suportif, dan inklusif agar karyawannya dapat berprestasi dan berkembang. Tahun ini, 23 negara di Asia Pasifik dianugerahi Great Place to Work Certified™, meningkat dari 19 negara pada tahun 2022.

Infografis – Apa yang diharapkan karyawan di DHL Express

“Kami merasa terhormat menjadi tempat kerja terbaik di Asia. Hal ini membuktikan pendekatan “People First” kami dalam membangun komunitas kuat yang terdiri dari karyawan yang penuh semangat, yang semangat tim dan nilai-nilai bersama mendefinisikan DHL Express,” kata Ken Lee, CEO untuk Asia Pasifik, DHL Ekspres. “Inilah sebabnya kami merayakan karyawan kami dan mengakui kerja keras mereka karena kami percaya bahwa karyawan yang termotivasi dapat memberikan kualitas layanan yang luar biasa. Pencapaian ini mencerminkan upaya kami untuk membangun budaya karyawan yang kuat dan kami akan terus mempertahankannya.”

Mengembangkan dan mempertahankan talenta melalui program pelatihan

DHL Express percaya bahwa pengembangan karyawan penting untuk mempertahankan dan menarik bakat. Perusahaan secara rutin menyelenggarakan program pelatihan dan peningkatan keterampilan bagi karyawannya untuk memastikan mereka terus mengasah keterampilan dan memanfaatkan potensi mereka. Program perubahan budaya perusahaan – Certified International Specialist (CIS) dan Certified International Manager (CIM) – lebih dari sekadar program pelatihan karena memberikan keterampilan dan pengetahuan kepada setiap karyawan untuk menjadi spesialis dalam pengiriman ekspres internasional. Program-program tersebut berperan penting dalam memperdalam budaya karyawan dan mengenalkan mereka pada nilai-nilai perusahaan. Dalam dekade terakhir, lebih dari 460.000 pelatihan CIS dan CIM telah dilaksanakan untuk karyawan di seluruh wilayah.”

Contoh lainnya adalah program Shift Up a Gear, yang membantu perempuan di DHL Express maju ke posisi kepemimpinan. Hal ini dirancang untuk meningkatkan jumlah perempuan dalam manajemen dengan membangun saluran talenta perempuan. Hal ini dilakukan dengan mencocokkan perempuan ke dalam anggota tim manajemen dan memberikan mereka pembinaan dan pendampingan. Hal ini juga merupakan bagian integral dari peta jalan keberagaman Grup DHL untuk meningkatkan keseimbangan gender dalam organisasi. Grup ini bertujuan untuk mencapai setidaknya 30 persen eksekutif perempuan di bidang manajemen pada tahun 2025.

“Menduduki puncak daftar Asia jelas bukan sebuah kebetulan, melainkan hasil dari ketekunan semua orang untuk menjadikan tempat kerja kami adil dan inklusif. Hal ini juga merupakan program terstruktur yang kami miliki untuk bertukar masukan yang jujur, mengakui dan merayakan karyawan kami, dan secara rutin melatih dan meningkatkan keterampilan mereka. Kami akan terus memeriksa dan meningkatkan praktik sumber daya manusia kami untuk memastikan kami tetap menjadi perusahaan pilihan bagi semua orang. Kami juga akan berinvestasi dalam program-program untuk mengembangkan bakat-bakat kami dan memberi mereka perjalanan karier yang memuaskan,” kata Mateen Thiruselvaam, Senior Wakil Presiden Sumber Daya Manusia – Asia Pasifik, DHL Express.

Menumbuhkan rasa memiliki pada karyawan

Selain pengembangan bakat, DHL Express fokus untuk merayakan karyawannya dan memastikan mereka memiliki rasa memiliki. Inisiatif perusahaan, seperti “Pekan Apresiasi” mengakui kerja keras dan upaya karyawan di seluruh dunia sementara program “Employee of the Year” merayakan karyawan terpilih karena telah menunjukkan nilai-nilai inti perusahaan yaitu ‘kecepatan’, ‘gairah’, ‘dapat lakukan’ dan ‘benar pada kali pertama’.

Karyawan terhubung dengan tujuan Grup untuk ‘menghubungkan orang-orang, meningkatkan taraf hidup’, di mana mereka melampaui lingkup pekerjaan mereka untuk memberikan kontribusi positif kepada komunitas di sekitar mereka. Hal ini termasuk berpartisipasi dalam program tanggung jawab perusahaan, seperti DHL’s Got Heart, Global Volunteering Day, dan program Go – GoGreen, GoHelp, GoTeach dan GoTrade.

Memberdayakan masyarakat untuk membentuk pengalaman mereka melalui Smart Connect

Inti dari kesuksesan keterlibatan karyawan DHL Express adalah platform Smart Connect yang inovatif. Bukan sekadar alat komunikasi, Smart Connect adalah ekosistem digital yang memberdayakan karyawan untuk mengakses berita dan sumber daya perusahaan, layanan SDM, serta bertukar ide dan masukan di mana saja, kapan saja. Karena karyawan dari berbagai latar belakang dan lokasi dapat terhubung, berkolaborasi, dan saling menghargai karya baik satu sama lain, hal ini juga berkontribusi terhadap tingginya keterlibatan karyawan sejak diluncurkan pada tahun 2022.

Sebuah perjalanan perbaikan berkelanjutan

Daftar tahunan Great Place to Work® dianggap sebagai salah satu tolok ukur paling komprehensif untuk menilai budaya tempat kerja, keterlibatan karyawan, dan kepercayaan organisasi. Selain itu, karyawan DHL Group berpartisipasi dalam Survei Opini Karyawan tahunan, yang memungkinkan anggota tim secara anonim memberikan umpan balik yang berharga mengenai berbagai aspek organisasi.

DHL – Keunggulan. Cukup disampaikan.
DHL adalah merek global terkemuka di industri logistik. Divisi DHL kami menawarkan portofolio layanan logistik yang tak tertandingi mulai dari pengiriman paket nasional dan internasional, solusi pengiriman dan pemenuhan e-commerce, ekspres internasional, transportasi darat, udara dan laut hingga manajemen rantai pasokan industri. Dengan sekitar 395.000 karyawan di lebih dari 220 negara dan wilayah di seluruh dunia, DHL menghubungkan masyarakat dan bisnis dengan aman dan andal, memungkinkan arus perdagangan global yang berkelanjutan. Dengan solusi khusus untuk pasar dan industri yang sedang berkembang termasuk teknologi, ilmu hayat dan perawatan kesehatan, teknik, manufaktur & energi, mobilitas otomotif dan ritel, DHL secara tegas diposisikan sebagai “Perusahaan logistik untuk dunia”.

DHL adalah bagian dari Grup DHL. Grup ini menghasilkan pendapatan lebih dari 94 miliar euro pada tahun 2022. Dengan praktik bisnis berkelanjutan dan komitmen terhadap masyarakat dan lingkungan, Grup memberikan kontribusi positif kepada dunia. DHL Group bertujuan untuk mencapai logistik emisi nol pada tahun 2050.[***]