Greenpeace Discovery

 

Pingintau.id -Apa kabar? Kita hampir sampai di akhir bulan April dan hari ini adalah Hari Bumi! Kami sangat bersemangat merayakannya dengan melakukan sesuatu yang membanggakan untuk lingkungan.

 

Di Hari Bumi 2022, kami bekerja sama dengan Discovery Networks Southeast Asia — jaringan yang menaungi Discovery Channel, Animal Planet, dan The Food Network.

 

Bersama-sama, kami ingin menginspirasi dan mendorong masyarakat Asia Tenggara untuk peduli dengan kondisi planet. Utamanya tentang polusi plastik yang sudah tidak terkendali sampai-sampai mengganggu lingkungan, berdampak pada kesehatan kita, dan memperburuk kondisi iklim.

Plastik sekali pakai dapat ditemukan hampir di seluruh penjuru dunia – dari puncak pegunungan tertinggi hingga palung laut terdalam. Plastik ditemukan di udara, di air, di alam, dan bahkan di dalam aliran darah kita!

 

Plastik sekali pakai, yang dikenal juga sebagai disposable, tidak mau pergi dan terus mengotori serta menutupi planet ini mungkin hingga ribuan tahun mendatang. Para peneliti memperkirakan ada sekitar 8,3 miliar ton plastik yang sudah diproduksi sejak tahun 1950an, dan dari jumlah tersebut hanya 9% yang sudah didaur ulang sedangkan 12% lainnya dibakar. Sisanya berakhir di tempat pembuangan dan lautan.

Mulai 22 April hingga 13 Mei 2022, Greenpeace dan Discovery Networks mengajak masyarakat untuk merayakan Hari Bumi 2022 dengan mengikuti Tantangan #SayNo2Plastics – aksi sederhana yang dapat kamu lakukan, namun sangat berarti untuk membantu menghentikan ancaman plastik.

 

Berikut caranya untuk bergabung dengan Tantangan #SayNo2Plastics:

1. Pilih opsi yang menantang tetapi mampu kamu lakukan:

·  Hitung Sampah Plastikmu

Lacak dan periksa penggunaan plastik sekali pakai harianmu!

·  Tunjukkan Aksi Guna Ulangmu

Alih-alih menggunakan plastik sekali pakai, ini saatnya kamu memamerkan tas, botol, sedotan, dan peralatan makan yang dapat digunakan kembali.

·  Tanda tangani dan bagikan petisi #BreakFreeFromPlastic

Hentikan polusi plastik dari sumbernya dengan mendesak merk-merk dan bisnis untuk berhenti memproduksi plastik sekali pakai, serta beralih ke sistem pengiriman yang lebih berkelanjutan seperti Guna Ulang (Reuse) dan Isi Ulang (Refill).

 

2. Ambil foto selfie setelah menyelesaikan salah satu tantangan.

 

3. Upload fotomu di Instagram dengan hashtag #SayNo2Plastics dan #BreakFreeFromPlastics. Jangan lupa untuk tag @GreenpeaceSEA dan @Discovery_SEAsia.

 

4. Tag juga 3 orang temanmu untuk ikutan tantangan ini.

 

Ikutan tantangan ini? Kamu bisa mengunduh Eco E-Journal dari Greenpeace dan menangkan hadiah guna ulang (reusable) keren dari Discovery Networks!

 

Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa mengunjungi laman Greenpeace Earth Day 2022 dan mulai perjalananmu menuju masa depan yang lebih berkelanjutan dan bebas plastik!

 

ake care!

Atha Rasyadi, Urban Campaigner untuk Greenpeace Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *