Tingkatkan Imun Tubuh, Mari Konsumsi Buah Lokal di Tengah Pandemi

Pingintau.id – Imunitas tubuh dapat terjaga optimal melalui konsumsi berbagai jenis buah-buahan secara rutin. Dengan begitu, tubuh dapat bertahan dari ancaman bahaya yang disebabkan oleh merebaknya wabah global COVID-19.

Direktur Informasi Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman (IKPM) Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Septryana Tangkary mengatakan, Indonesia memiliki beragam buah yang kaya vitamin yang bisa membuat imunitas tubuh tetap optimal. Dari mulai pisang, mangga, durian, jeruk dan lain sebagainya keberadaan berlimpah di tanah air.

Buahan-buahan yang dihasilkan oleh petani lokal dalam negeri pun kualitasnya sejajar dengan yang dihasilkan oleh negara-negara lain. Indikasinya dari mulai rasa hingga kandungan vitaminnya pun tidak kalah dengan buah dari luar.

“Kita tidak perlu pesan produk buah dari luar seperti produk-produk dari China, karena kita punya produk lokal,” ujar Septryana melalui siaran virtual yang ditayangkan Ditjen IKP TV pada Rabu (25/8/2021).

Kualitas buah-buahan yang dihasilkan, tentunya akan berdampak bagi kondisi tubuh masyarakat yang mengkonsumsinya. Dengan begitu, kesehatan diri dapat senantiasa terjaga optimal di tengah merebaknya wabah COVID-19.

Merilis data dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2019 menyebutkan, konsumsi rata-rata buah-buahan masyarakat Indonesia masih berkisar antara Rp27 ribu per bulan. Hal ini kalah dibandingkan, rata-rata konsumsi makanan dan minuman yang berkisar antara Rp201 ribu.

Oleh karena itu di masa mendatang, masyarakat sebaiknya mengonsumsi buah-buahan khususnya buah lokal yang dihasilkan petani lokal. Dengan melakukan hal itu, sama saja dengan meningkatkan rasa bangga terhadap buah-buahan lokal tanah air.

Disamping kaulitasnya yang sangat baik, kemudian buah-buahan ini juga berada di mana-mana. “Kita juga harus bangga dengan buah lokal yang kita miliki,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan, kualitas produk buah hasil dari perkebunan lokal tidak kalah dengan buah dari luar negeri. Indikasinya, dapat dilihat dari kandungan gizi yang dimiliki sama dengan berbagai buah-buahan yang berasal dari luar negeri.

“Aneka buah-buahan nusantara yang berlimpah dengan kandungan gizi, tidak kalah dibandingkan buah impor,” ujar Presiden Joko Widodo melalui siaran virtual yang ditayangkan Sekretariat Presiden (Setpres) pada Senin (9/8/2021).

Menurut dia, petani Indonesia sudah mampu menghasilkan buah-buahan yang berkualitas. Buktinya, ada sejumlah buah dalam negeri yang kerap kali diekspor ke luar negeri yakni mangga, manggis, pisang, dan nanas.

Dikirimnya sejumlah buah tersebut, tentunya menjadi modal peningkatan kualitas produksi buah yang akan dihasilkan para petani dalam negeri ke depan. Dengan begitu, peluang buah-buahan lainnya untuk diekspor ke luar negeri akan terbuka sangat lebar.

“Semakin berkembang sehingga ekosistem usaha buah nasional bergerak semakin maju,” tuturnya.InfoPublik (***)

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *